Kepedulian Mahasiswa Terhadap Kesadaran Anak-Anak Akan Lingkungan Sekitar Melalui Program Lomba Menghias Tempat Sampah di Kawasan Kelurahan Putat Jaya (Student Concern for Children's Awareness of the Environment Through the Program to Decorate Trash Bin in the Area of Putat Jaya Village)

Surya Hermawan, Deborah M.G.L, Apriandi Apriandi, Vincent Vincent

Abstract


Di jaman yang sudah modern ini, tidak banyak masyarakat yang mempunyai kesadaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Masih banyak tempat-tempat kecil  yang bisa kita jumpai terdapat sampah berserakan, sungai yang tercemar sampah hasil dari sisa rumah tangga. Beberapa Masyarakat terlalu meremehkan kebiasaan mereka sehingga tanpa kita sadari, sampah-sampah menggunung dan mengakibatkan kerusakan lingkungan, salah satunya adalah banjir dan lingkungan yang tidak sehat untuk dihuni. Oleh karena itu, demi menyadarkan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, diadakanlah lomba mewarnai,   menghias tempat sampah dan memasang puzzle yang ditujukan untuk anak-anak di daerah Kelurahan Putat Jaya dengan tujuan utama yaitu meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tahapan pertama adalah melakukan pendataan dan survey di lingkungan sekitar, yaitu Kelurahan Putat Jaya. Tahapan kedua dilakukan pencarian materi dan gambar yang sesuai dengan daerah Putat Jaya. Tahapan ketiga yaitu menyesuaikan data yang ada dan mencari hadiah yang nantinya akan diberikan kepada seluruh peserta lomba menurut kategorinya. Tujuan diberikannya hadiah kepada seluruh peserta yaitu agar anak-anak tersebut senang dan bisa mengingat lomba ini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tahapan keempat adalah pelaksanaan lomba di lokasi dimana semua pealatan dan fasilitas sudah disediakan oleh pihak panitia lomba. Tahapan terakhir adalah pemilihan juara di tiap kategori dan pembagian hadiah kepada seluruh peserta lomba dan dilanjutkan dengan acara tebak tebakan berhadiah.

 

Kata   kunci:   Kompetisi   mewarnai,   Menghias   Tempat   Sampah   dan Memasang Puzzle Putat Jaya, dan Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Cahyani, R., & Rahmawati, D. (2015). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Permukiman Kelurahan Putat Jaya Kota Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 4, 85.

Davis, Julie. (1998). Young Children, Environmental Education dan the Future. Education and the Environmental. Chapter 11.

Egbonyi, Etuki & Onnoghen. (2016). From Environmental Awareness to Environmental Responsibility: Towards a Stewardship Curriculum.

Hadzigeorgiou, Yannis & M. Skoumios. (2013). The Development of Environmental Awareness through School Science: Problems and Possibilities.

Mahidin, Ainun & M. Suhardi. (2010). Procedia Social and Behavioral Sciences: Understanding Children Preferences of Natural Environment as a Start for Environmental Sustainability.

Puspita, Sherly. (2018). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia. Retrieved from: https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/19/21151811/indonesia- penyumbang-sampah-plastik-terbesar-kedua-di-dunia. Diakses pada 26 November 2018.

Riski P. (2014). Surabaya, Kota Percontohan Pengelolaan Sampah Terbaik Indonesia. Retrieved from: http://www.mongabay.co.id/2014/02/27/surabaya- kota-percontohan-pengolahan-sampah-terbaik-indonesia/. Diakses tanggal 20 November 2018.

Soto, Ricardo. (2014). Environmental Awareness in Youth. Thomas, Gillian & Thompson. 2004. A Child’s Place: Why Environment Matters to Children.

Yoleri, Sibel. (2012). Children and the Environment: Creating Enivonmental Awareness Among Preschool Children.

Yi Du, W. Xiaoyan, D. Brombal, A. Moriggi, A. Sharpley, S. Pang. (2018). Changes in Environmental Awareness and its Connection to Local Environmental Management in Water Conservation Zones: The Case of Beijing, China.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.