Pengembangan Program Student Motivating Training untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Remaja

Rahma Kusumandari, Hetti Sari Ramadhani, Moh Fais Imron, Nurul Qomariah

Abstract


Abstrak. Motivasi belajar setiap anak perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk pencapaian hasil belajar yang baik. Kesadaran tentang pentingnya pendidikan menjadi dasar utama orientasi masa depan sehingga tercapai kualitas hidup yang lebih baik untuk masyarakat yang ada di kota maupun di desa. Berdasarkan studi pendahuluan Desa Dayurejo Prigen pasuruan memiliki anak usia sekolah namun kurang tertarik melanjutkan jenjang pendidikan hingga SMA ataupun Perguruan Tinggi. Perlunya dilakukan student motivation training dengan Training Analysis yang tepat untuk usia anak sekolah, menjadi pengabdian yang sangat dibutuhkan. Mitra pengabdian adalah lembaga pelatihan The Survival Outbound Team di Desa Dayurejo Prigen Pasuruan. Karena tidak adanya desain pelatihan yang tepat untuk membangun motivasi belajar usia sekolah antara 8-15 tahun maka belum ada realisasi pelatihan bagi anak usia sekolah di wilayah tersebut. Sehingga diharapkan adanya kerjasama yang sinergi antara mitra dan perguruan tinggi dalam melaksanakan student motivation training bagi anak usia sekolah Desa Dayurejo di Lembaga Pelatihan TSOT Prigen Pasuruan.

Kata kunci: motivasi belajar, remaja, program

Full Text:

PDF

References


Desmita, R. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Diener, E., & Larsen, R. J. (1984). Temporal stability and cross-situatuonal consistency of cognitive, afective, and behavioral responses. Journal of Personality and social psychology. Vol I, 43-102

Hergenhahn, B.R., & Matthew H. Olson. (2008). Theories of Learning (Teori Belajar). Penerjemah: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Irham, Mohammad. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Mangunsong, F. (2009). Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus (jilid kesatu). Depok: Lembaga Pengembangan Saran Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Muba, W. (2009). Predictors of subjective wellbeing. Journal of positive psychological Assessment. Vol I, 2435

Neuman, W.L. (2000). Social Research Methods Quantitative and Qualitative Approaches (4th ed). Boston: Pearson Educational Inc.

Poerwandari, K. (2005). Pendidikan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Santrock, J.W. (2010). Educational Psychology (5th edition). New York: McGraw-HillCo

Sugiyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Depdikbud.

Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Press.

Tri, Nora. (2012). Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu Kelas 3 di SLB As Syifa Lombok Timur. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Winarsunu, Tulus. (2006). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan (edisi revisi). Malang: UMM Press

W.S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.