PENGEMBANGAN INDUSTRI SANDAL ASRON NAFIK DESA WEDORO, KECAMATAN WARU, KABUPATEN SIDOARJO

Drs. Ec. Mohammad Suyanto, MM, Dr. Ir. Muslimin Abdulrahim, M.Sc.

Abstract


Abstrak: Home Industri Sepatu dan sandal merupakan usaha yang banyak dijalankan di Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Industri kecil sepatu dan sandal yang berada  di Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo sudah lama berdiri mulai dari tahun 2.000 an dan semakin bertambahnya tahun jumlah pengrajin sepatu dan sandal  semakin bertambah. Industri kecil sepatu dan sandal masih bersifat tradisional karena dalam mengerjakan barang produksi masih menggunakan teknologi/alat yang masih sederhana. Faktor yang mendukung eksisnya suatu industry kecil adalah manajemen/pengelolaan, tersedianya bahan baku serta kebijakan Pemerintah setempat dan faktor  yang kurang mendukung adalah teknologi/alat, modal, tenaga kerja, pemasaran. Pola persebaran industri kecil sepatu dan sandal mayoritas berkumpul di satu desa karena faktor warisan dan peran manusia itu sendiri, hal ini dapat membuktikan bahwa Home Industri dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan sekali pengembangan Home Industri sebagai salah satu langkah strategis dalam rangka meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian masyarakat Jawa Timur, khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja. Terdapat 26 (dua puluh enam) usaha rumah tangga di Desa Wedoro yang memproduksi sandal diantaranya bapak Asron Nafik, di mana beliau terhimpun pada kelompok usaha “Home Industri Sepatu dan sandal”. Mitra sangat berharap dapat meningkatkan produksinya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dan bisa menjadikan usaha rumah tangga ini menjadi sumber utama ekonomi keluarga. Beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu manajemen usaha yang masih sederhana, pemasaran masih berupa pesanan dan dititipkan dibeberapa toko sekitar yang dikenalnya, proses produksi dilakukan dengan manual, serta kemasan kurang menarik. Berdasarkan kondisi tersebut, kami menawarkan solusi yaitu dengan pengadaan teknologi tepat guna mesin seset tungkak serta manajemen usaha kecil yang terampil, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan sederhana.

Kata Kunci: Sandal, Mesin Seset Tungkak.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Brigham, Eugene & Joel F. Houston. (2006). Dasar-Dasar manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba empat.

Hanafi dan Halim. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hurriyah. (2015). Praktis Menyusun Laporan Keuangan. Depok: Viscota Publishing.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sularso, MSME., Kiyokatsu Suga. (1987). Dasar Perencaaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Taifa, I. W., & Desai, D. A. (2016). Anthropometric Measurement for Ergonomic Design of Student Furniture in India. Engineering Science and Technology.

Tompkins, J. A., White, J. A., Bozer, Y. A., & Tanchoco, J. (2010). Facilities Planning. Hoboken: John Wiley & Sons, INC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.