PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI INDUSTRI KREATIF KARTINI BORDIR KELURAHAN KEDURUS SURABAYA

Drs. Widiyatmo Ekoputro, MA., Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA.

Abstract


Abstrak: Sumber Daya Manusia adalah bagian penting bagi semua kegiatan dan aktifitas manusia termasuk didalamnya pada industri kreatif agar menghasilkan ide dan karya-karya yang inovatif serta kekinia. Pada industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung perkembangan perekonomian Indonesia, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama" dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Pada saat ini, Indonesia banyak memiliki UKM yang bergerak disektor usaha kreatif. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari : Kain, Kain Perca batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kaca, porselin, marmer, tanah liat, dan kapur, dll. Sebagaimana diketahui bahwa sebagai kota terbesar kedua di Indonesia Industri kerajinan tangan di Kota Surabaya  tumbuh 7%-10% dalam dua tahun terakhir. Pertumbuhan industri kerajinan tangan di Surabaya itu tercapai seiring upaya pemerintah kota dalam  menghadapi Asean Free Trade Area (AFTA). Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, mengatakan pertumbuhan industri kerajinan lokal itu salah satunya didorong oleh bertambahnya jumlah usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk memperkenalkan produk kerajinan Surabaya, pemerintah kerap menggelar pameran di luar maupun dalam kota melalui program roadshow mall to mall. Faktor lainnya adalah transaksi penjualan barang kerajinan baik melalui pameran maupun di luar pameran. Selama tahun 2013 transaksi penjualan barang kerajinan dalam setiap pameran baik dalam kota maupun di luar kota totalnya sekitar Rp15 miliar. Saat ini Dekranasda memiliki anggota 290 UKM ditambah 980 kelompok wirausaha muda.

Kata kunci: peningkatan sumber daya manusia, industri kreatif, produksi


Full Text:

PDF

References


Efianingrum, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/Pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-Pembelajaran/.[20 Oktober 2008].

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.